PERANG KETUPAT MENGWI BANDUNG BALI



Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali merupakan salah satu kawasan wisata yg berada di  Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Baliadalah kawasan wisata yg ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat mengagumkan serta dapat menawarkan sensasi yg tak sama dengan aktivitas kita sehari hari.

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali mempunyai pesona keindahan yg sangat luar biasa untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan apabila kalian berada di kota Badung tak mengunjungi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali yg mempunyai keindahan yg tiada duanya tersebut.

Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali sangat tepat untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi ketika liburan panjang semacam libur nasional, ataupun hari libur lainnya.  Keindahan Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali ini benar-benar baik bagi kalian semua yg berada di dekat alias di kejauhan untuk merapat mengunjungi kawasan Objek Wisata Perang Ketupat di kota Badung.



Lokasi
Dimana lokasi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali ? semacam yg tertulis di atas lokasi terletak di  Desa Kapal, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Tetapi apabila kalian tetap bimbang di mana lokasi alias letak Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali saya sarankan kalian mencari dengan mengetik Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali di search google maps saja. Di Google maps telah tertandai dimana lokasi yg kalian cari tersebut.


Daya Tarik
Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali ini merupakan warisan leluhur dari abad ke-13 Masehi, yg terjaga lestari hingga kini dirayakan sekali dalam setahun. Tujuan dilaksanakan upacara ini sebagai makna ucapan terima kasih terhadap Tuhan atas akibat panen yg diberikan serta terhindar dari kekeringan serta juga atas limpahan rezeki.

Desa Kapal sendiri merupakan wilayah Kecamatan Mengwi, kabupaten Badung. Tradisi perang ketupat ini berjalan kurang lebih 30 menit saja. Sebelum upacara Perang Ketupat ini digelar, warga desa kapal melakukan upacara persembahyangan bersama di pura setempat, dipimpin oleh seorang rohaniawan (pemangku), berakhir persembahyangan, Pemangku memercikkan air suci (tirta) terhadap warga, supaya selagi prosesi berlangsung, tak ada gangguan serta berjalan lancar.

Warga yg telah siap dengan amunisi masing-masing berupa ketupat, dikumpulkan dari warga desa siap untuk bertempur melawan musuh. Dalam tradisi Perang Ketupat, mereka dibagi menjadi 2 kelompok, ratusan warga akan saling berhadap-hadapan di jalan raya Kapal depan pura, masing-masing menenteng sejumlah ketupat, terkesan semacam suatu tawuran masal, pada ketika prosesi ini berlangsung, arus lalu lintas akan dialihkan ke kawasan lain untuk menghindari kemacetan.
 Saat prosesi berjalan perang ketupat ini berlangsung, sorak sorai peserta serta penonton terkesan begitu seru, tak sedikit warga yg terkena lemparan, tetapi tak ada kata dendam diantara mereka. Setelah berakhir mereka saling bercerita, tertawa dengan suka cita serta saling berjabat tangan, tanpa ada rasa permusuhan. Begitu antusiasnya warga melakukan adat ataupun tradisi yg diwariskan oleh nenek moyang mereka, jadi lestari hingga kini ini.

Fasilitas
Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali dapat dibilang suatu wisata Tradisi yg mempunyai berbagai akan fasilitas serta pelayanan di antaranya sebagai berikut :
- Area Parkir kendaraan
- Tempat ibadah umat hindu
- Kamar mandi / MCK
- Tempat Istirahat
- Rumah  makan
- serta tetap tak sedikit lainya

Transportasi
Bagi wisatawan asal kota Badung telah tak bimbang lagi untuk mendatangi lokasi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali. Akan tetapi bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan luar negeri, absolut mereka bimbang serta takut kesasar. Tapi jangan khawatir bagi wisatawan luar kota Badung saya mempunyai solusinya supaya kalian semua tak kesasar.

Tentunya sarana transportasi apa yg kalian pakai untuk berwisata ke Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali dengan memakai kendaraan eksklusif semacam : Mobil alias motor pribadi. Kalian dapat meminta panduan arah ke Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali di google maps yg terpasang di device anda. Karena memakai kendaraan eksklusif akan lebih membahagiakan dari pada memakai kendaraan umum.

Akan tetapi apabila kalian memakai kendaraan umum semacam : bis umum alias angkutan lainnya juga bukan persoalan besar, pasalnya kalian dapat berhenti di terminal bus kota Mengwi. Setelah itu melanjutkan dengan memakai ojek ataupun kendaraan eksklusif kalian menuju Desa kapal hingga hingga di lokasi Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung tersebut.

Saran serta Tips
Saran serta trik sebelum menuju ke kawasan Objek Wisata Perang Ketupat di Mengwi Badung Bali, yaitu pantaulah cuacanya terlebih dahulu supaya tak menghalangi liburannya. Kalian butuh mempersiapkan keperluan yg akan butuhkan semacam mengangkat bekal, air minum serta lainnya. Serta berbagai barang tambahan semacam  kamera sebab kalian absolut ingin mengawetkan moment bersama kelurga ataupun kawan - kawan anda.

Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya merupakan sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik serta kendaraan kalian supaya liburan kalian berjalan dengan lancar. Jaga keadaan diri kalian serta rutin berhati - hati.

Comments

Popular posts from this blog

OBYEK WISATA TAMAN BUAYA MENGWI BANDUNG JAWA BARAT

OBYEK WISATA AIR TERJUN LEMUKIH DI SAWAN BANDUNG BALI

OBYEK WISATA DREAM MUSEUM ZONE (DMZ) KUTA BANDUNG BALI